Keindahan Eropa dengan Koleksi Sejarah Islam di Dalamnya

Selanjutnya kami masih saja membahas mengenai adanya Benua Eropa. Dimana, Benua ini memiliki cara tersendiri untuk bisa memikat siapapun datang lagi dan lagi ke sana. Seperti kalian pastinya ingin mengunjungi Eropa sebagai destinasi Honeymoon atau sekedar refresh, dengan ketenangan yang begitu nyaman dari beberapa destinasi wisatanya. Selain itu, di Eropa sendiri rupanya Islam juga sudah menyebar sejak lama. Yakni dengan berdirinya museum-museum besar yang memiliki tempat khusus bagi kehadiran dari Sejarah Islam di dalam museum tersebut. 

Jika memang kebetulan sekali kalian ingin mengunjungi Eropa, maka ada baiknya kalian bisa mengunjungi museum-museum tersebut yang sudah tersebar di Eropa sana. Sebab kalau kalian memiliki waktu terbaik dan kebetulan pas sekali dengan mendatangi museum tersebut. Bisa saja kalian akan melihat adanya pameran khusus Sejarah dan juga perkembangan dari Islam di dalam Museum tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa Tempat atau Museum yang memiliki koleksi akan sejarah Islam di Eropa. Jika kalian tertarik, maka coba dari sekarang juga untuk bisa menikmati adanya koleksi Sejarah Islam dari dalam Museum tersebut. Yuk langsung cek bersama-sama dimana saja lokasi museum itu berada ? 

Museum Koleksi Sejarah Islam di Eropa 1 

Nama Museum : Museum British

Asal : Inggris 

Benua : Eropa 

Untuk yang pertama bisa dilihat adanya British Museum yang berada di Great Russell yang ada di St. London. Museum ini ketika kalian datang maka akan terlihat adanya isi dari beraneka macam pameran mengenai dunia Sejarah – Seni dan Budaya yang ada di dunia. Termasuk pada Sejarah dari Islam di dunia. 

Jika nantinya kalian ingin melihat Koleksi Islam, maka kalian bisa langsung saja daftar s1288 ke Ruang 34. Karena, disini menjadi area akan keberadaan dari Dunia Islam yang sudah dimulai sejak abad ke-7 sampai dengan saat ini. Mengenai isi dari koleksinya sendiri adalah Budaya dari masyarakat yang mana tinggal di area atau sebuah negara yang begitu kental dengan adanya agama Islam. 

Pameran yang ada di sini dimulai dari adanya Sejarah Kepercayaan Islam, lalu diisi oleh Seni Kaligrafi dan juga Sains Islam meliputi isian di dalamnya. Beberapa benda seperti halnya Lampu Masjid – lalu Keramik dengan adanya dekorasi Kaligrafi dan juga kerajinan besi ini bisa saja tersedia dengan begitu saja. Museumnya di buka sejak pukul 10.00 sampai dengan pukul 17.30 saja waktu Inggris. 

Museum Koleksi Sejarah Islam di Eropa 2

Nama Museum : Berlin State Museum

Asal : Jerman

Benua : Eropa 

Negara Jerman sendiri telah dikenal menjadi salah satu negara dengan Toleran tinggi terhadap adanya agama Islam disana. Banyak juga para Imigran Islam yang merasa sangat nyaman ketika tinggal di negara ini. Jika memang ingin melihat adanya Literatur Islam secara lengkap, maka kalian bisa saja mengarah ke Staatliche Museen Zu di Berlin. Disana kalian akan melihat adanya bagian dari sejarah Islam yakni : Museum fur Islamische Kunst. 

Isi dari pameran ini diantaranya seperti Artefak Budaya – lalu pada penemuan Arkeologi dan juga pada hasil dari karya seni yang ada. Barang dari pemerannya sendiri sudah dikumpulkan dari adanya keberagaman tempat yang begitu kental dengan Agama Islam. Mulai dari barang yang telah ditemukan di kawasan Mediterania – lalu di Spanyol – Timur Tengah sampai dengan di Asia juga ada. 

Disini para pengunjung bisa benar-benar mengetahui adanya informasi awal mengenai Islam sampai pada perkembangannya dari periode satu ke periode yang lainnya. Dan beberapa benda koleksi yang wajib dilihat adalah cekungan tempat berdoa dari negara Iran dan juga Turki pad Plafon Kayu yang ada di Kubah Menara Alhambra – Granada. Disini juga ada koleksi karpet dengan penggunaan pada motif Islami dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Jika penasaran, maka disini kalian bisa langsung saja datang ke Stauffenberg Strasse 41 tepatnya di Kota Berlin – Jerman. 

Museum Koleksi Sejarah Islam di Eropa 3

Nama Museum : Museum Louvre

Asal : Perancis

Benua : Eropa 

Bukan hanya terdapat lukisan Monalisa saja yang bisa kalian lihat di Musee du Louvre, namun disini kalian juga bisa melihat adanya sejarah Islam yang mana bisa kalian temui di Department of Decorative Arts. sebenarnya untuk koleksi dari sejarah Islam yang ada di Museum ini sudah ada sejak tahun 1892, namun baru saja dimasukkan ke dalam ruangan pada tahun 1932 silam. Setidaknya disini masih ada 14.000 benda pameran dan juga 3.500 karya seni yang telah ada di ruangan ini. 

Sedangkan untuk adanya pameran sejarah Islam sudah dimulai dari abad ke 7 sampai dengan awal abad ke-19. Dimulainya dari karya Arsitektur – lalu adanya bebatuan – karya seni pada Gading Gajah – Keramik dan juga Tekstil, Karpet – Manuskrip dan sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya bisa kalian temui disini. 

Museum Koleksi Sejarah Islam di Eropa 4

Nama Museum : Benaki Museum

Asal : Yunani

Benua : Eropa

Nah masuk ke nuansa Yunani. Dimana terdapat Benaki Museum yang berada tepat di Athena. Museumnya sendiri sudah berisikan koleksi seni Yunani dari waktu ke waktunya. Di dalam museum ini kalian juga bisa melihat adanya ruangan khusus untuk mengetahui adanya sejarah Islam. Dalam sebuah area seperti Islamic Art, disini kalian bisa melihat adanya keberadaan dari Koleksi Islam yang ada dari India – lalu persia – Mesopotamia – Kawasan Asia dengan Timur Tengah dan beberapa tempat lainnya yang sudah ada di dunia ini. Koleksi awal yang ada disini memang masuk di awal perkembangan islam sampai dengan abad ke 19. 

Kurang lebih sekitar 8.000 karya seni yang tinggal langsung di museum ini sudah termasuk ke dalam karya keramik, emas, Tekstil dan Kaca hingga beberapa karya lainnya. Salah satu benda dari pameran ini yang paling penting harus bisa kalian lihat adalah adanya 2 pintu kayu pahatan yang mana berasalkan dari Mesopotamia abad ke 8 lamanya. Selain itu, terdapat juga Boks kecil dengan tanda tangan dari Ismail bin Al Ward Al Mausili dan juga dari Sadel Beludru dari adanya Bursa. 

Museum Koleksi Sejarah Islam di Eropa 5

Nama Museum : David Collection

Asal : Denmark

Benua : Eropa

Museum ini berada di Copenhagen Denmark. Yang mana berada pada bangunan Privat yang telah membuatnya terlihat jauh lebih elegan lagi. Museum ini memang sudah terkenal dengan adanya koleksi seni islamnya. Koleksi ini dimulai dari abad ke 7 sampai dengan abad ke 19. Dengan banyaknya Koleksi Seni islam, disini David Collection sudah menjadi salah satu museum dengan adanya Koleksi Islam terbesar yang keberadaannya ada di Eropa Utara. 

Asal seni yang dihadirkan dari museum ini rata-rata dari Timur Tengah – India – Spanyol dan beberapa negara lainnya. Waktu operasional dari museum ini pada Hari Minggu jam 10.00 sampai dengan 17.00 dan untuk hari Rabu akan buka mulai dari 10.00 hingga 21.00 sesuai peraturan dari daerah tersebut.